Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Air : Menggali Dampak Lokakarya terhadap Sistem Informasi Harga Perkiraan Sendiri Terintegrasi SIPASTI

Kategori : Kepatuhan Intern

16 August 2023, 15:18:28
img-blur-shadow
img-blur-shadow
Caption : Dokumentasi Acara Sipasti di Bandung
Caption : Dokumentasi Acara Sipasti di Bandung 2

Bandung - Direktorat Bina Teknik Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menggelar kegiatan Workshop Sistem Informasi Harga Perkiraan Sendiri Terintegrasi (SIPASTI) selama 3 (tiga) hari pada Tanggal 12-14 Juli 2023 di Gedung Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Bandung. Kegiatan ini terdiri dari Workshop Penerapan SIPASTI V2.0 dan Workshop Uji Coba SIPASTI V3.0.

Direktur Bina Teknik Sumber daya Air, Dr. Ir. Muhammad Rizal, M.Sc, berharap agar perencana dan pelaksana mengikuti kegiatan Workshop SIPASTI dengan baik agar penerapan SIPASTI di tahun 2024 bisa terlaksana dengan lancar.

“Melalui Workshop SIPASTI ini, diharapkan pelaksana, pembina, serta pengembang SIPASTI mempunyai pemahaman yang sama dalam pengoperasian dan pemecahan masalah, serta dapat memberi masukan yang signifikan untuk pengembangan SIPASTI kedepannya”.

Kegiatan hari pertama diawali dengan Pembukaan dan arahan dari Direktur Bina Teknik Sumber Daya Air, dilanjutkan dengan pemaparan terkait e-Monitoring oleh Kasubdit Pemantauan, Evaluasi, dan Pengadaan Tanah Dr. Heriantono Waluyadi,ST., MT., serta pemaparan Kebijakan Pengembangan dan Penerapan SIPASTI di Lingkungan Ditjen SDA oleh Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Konstruksi Dimas Ricky Swaramahardhika S.Soc, M.Sc. Kegiatan dilanjutkan kembali dengan  pemaparan Prinsip Perhitungan AHSP oleh Subdit Teknologi dan Peralatan Infrastruktur Yohana Rospita Tiodora, ST, dan diakhiri dengan pemaparan Kebijakan Pemenuhan Inmen PUPR Nomor 04 Tahun 2022 oleh Kasubdit Pembinaan dan Pengambangan KIMR M. Tahid, ST., MPPM.

Kegiatan hari kedua dibuka dengan pemaparan Kebijakan Penerapan SIPASTI oleh Direktorat Kepatuhan Intern (diwakili oleh Subkoordinator Penyusunan Program dan Anggaran Dedy S. Ritonga, ST., MT., MPSDA), dan dilanjutkan dengan Workshop Penerapan SIPASTI Versi 2.0 oleh Tim Pengembangan SIPASTI (diwakili oleh Muhammad Rizki Ramadhani, S.T) serta Tim Pendampingan SIPASTI dari Direktorat Bina Teknik SDA dan Direktorat Kepatuhan Intern. 

Kegiatan hari ketiga adalah Workshop Uji Coba SIPASTI versi 3.0 oleh Tim Pengembangan SIPASTI. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan fitur Kalkulator HPS yang tersedia pada SIPASTI versi 3.0 sekaligus memperoleh masukan dari peserta workshop terkait aplikasi SIPASTI v3.0 yang diujicobakan terutama dari PPK sebagai pelaksana di lapangan.

Workshop SIPASTI Bidang Sumber Daya Air diikuti oleh perwakilan dari Unit Kerja dan PPK paket Uji Coba dan Penerapan SIPASTI di lingkungan Direktorat Jenderal sumber Daya Air.