Direktorat Kepatuhan Intern SDA turut serta hadir dalam Penerapan SIMPAN dan SIKOMPAK guna meningkatkan kualitas pengadaan barang dan jasa pada Pembangunan Ibu Kota Negara

Kategori : Kepatuhan Intern

11 September 2023, 10:18:07
img-blur-shadow
img-blur-shadow
Caption : Dokumentasi Penerapan SIMPAN dan SIKOMPAK di IKN 1
Caption : Dokumentasi Penerapan SIMPAN dan SIKOMPAK di IKN 2

Balikpapan - Direktorat Kepatuhan Intern, Ditjen SDA melalui Subdirektorat Pengendalian Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko turut menghadiri Penerapan SIMPAN dan SIKOMPAK pada Paket Pekerjaan Pembangunan Ibu Kota Negara pada Kamis hingga Jum’at (6-7/7).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya bentuk peningkatan pada bidang jasa konstruksi khususnya di bidang digitalisasi pengadaan barang dan jasa melalui sistem informasi jasa konstruksi terintegrasi. Aplikasi SIMPAN dan SIKOMPAK bertujuan guna meningkatkan kualitas dari pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Berdasarkan paparan Agus Pudjijono, SKom, M.Comp, “SIMPAN hadir dan menjadi salah satu bentuk Implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik pada Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang memiliki fungsi pencatatan pengalaman pada badan usaha jasa konstruksi dan tenaga ahli. SIMPAN merupakan aplikasi yang memuat data/dokumen dan informasi pengalaman serta kinerja penyedia jasa khususnya badan usaha dan tenaga ahli di bidang Jasa Konstruksi”. Diharapkan dengan adanya aplikasi SIMPAN dan SIKOMPAK, kekurangan dari pengadaan barang dan jasa secara manual berupa adanya duplikasi tenaga ahli, monitoring pra kontrak hingga pasca kontrak yang belum efektif dan data kontrak dan manajemen pelaksanaan pekerjaan yang tidak terdata dengan baik dapat teratasi.

Direktorat Kepatuhan Intern mendukung secara penuh peningkatan yang dilakukan oleh Direktorat Pengadaan Jasa Konstruksi di bidang Pengadaan Barang dan Jasa. Direktorat Kepatuhan Intern yang memiliki tugas melakukan Pemantauan PBJ Lelang Dini dan Reguler menyambut baik hadirnya aplikasi SIMPAN dan SIKOMPAK sehingga pemantauan yang dilakukan dapat berjalan lebih optimal dan lebih efisien.