Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan SOP, Pendampingan Penerapan e-PPK dan SI-KIMR, Monitoring P3DN dan e-Purchasing di BBWS Cimanuk Cisanggarung

Kategori : Manajemen Risiko

29 September 2023, 10:22:00
img-blur-shadow
img-blur-shadow
img-blur-shadow
img-blur-shadow
Caption : Dokumentasi 1
Caption : Dokumentasi 2
Caption : Dokumentasi 3
Caption : Dokumentasi 4

Pada tanggal 11-13 September 2023, BBWS Cimanuk Cisanggarung melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan SOP, Pendampingan Penerapan e-PPK dan SI-KIMR serta Monitoring Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan E-Purchasing. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 pegawai dan dilaksanakan oleh dua tim, yaitu Tim A dan Tim B.

Tim A bertugas melakukan Monitoring dan Evaluasi Penerapan SOP dan Pendampingan Penerapan e-PPK. Kegiatan ini meliputi penjelasan singkat mengenai materi serta agenda monev, paparan penerapan SOP oleh masing-masing perwakilan Bagian, Bidang, Satuan Kerja dan SNVT di lingkungan BBWS Cimanuk Cisanggarung, penilaian efektivitas penerapan SOP melalui pengisian kuisioner oleh pegawai, serta penerapan Sistem Informasi elektronik Pengendalian Pelaksanaan Konstruksi (e-PPK) melalui tutorial penggunaan e-PPK, pendampingan penginputan paket-paket konstruksi ke dalam e-PPK, serta diskusi dan tanya jawab.

Sementara itu, Tim B bertugas melakukan Monitoring P3DN dan E-Purchasing serta Pendampingan Penerapan SI-KIMR. Kegiatan ini meliputi penyampaian rencana dan realisasi penggunaan produk impor masing-masing satker serta praktik penggunaan Aplikasi SI-KIMR oleh perwakilan UPR-T2 dan UPR-T3 yang didampingi oleh Tim B sebagai Tim Pendamping SI-KIMR.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar dari peta proses bisnis telah memiliki prosedur namun belum baku (beberapa masih berupa flowchart petunjuk kerja ataupun tugas pelaksana), prosedur yang disusun belum terintegrasi satu dengan lainnya, belum dilakukan identifikasi kebutuhan SOP secara keseluruhan, progres pengisian e-PPK mengalami peningkatan, dan hasil penilaian efektivitas penerapan SOP adalah 76,58 (efektif) dengan jumlah responden sebanyak 66 pegawai.