Direktorat Kepatuhan Intern SDA lakukan Penguatan Peranan UKI Balai melalui Workshop Pengendalian Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko 2023

Kategori : Kepatuhan Intern

11 September 2023, 10:11:50
img-blur-shadow
img-blur-shadow
img-blur-shadow
img-blur-shadow
img-blur-shadow
Caption : Dokumentasi workshop pengendalian KI 1
Caption : Dokumentasi workshop pengendalian KI 2
Caption : Dokumentasi workshop pengendalian KI 3
Caption : Dokumentasi workshop pengendalian KI 4
Caption : Dokumentasi workshop pengendalian KI 5

Bali - Direktorat Kepatuhan Intern, Ditjen SDA melalui Subdirektorat Pengendalian Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko (PKIMR) telah melaksanakan Workshop Pengendalian Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko TA 2023 di Jimbaran, Bali pada hari Selasa hingga Jum’at (11-14/7).

Workshop Pengendalian Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko (PKIMR) TA 2023 memiliki tujuan agar terlaksananya sharing knowledge tugas dan fungsi Subdirektorat Pengendalian KIMR dan memperkuat peran UKI di BBWS/BWS dalam melaksanakan fungsi bridging terkait pelaksanaan penilaian PIPK dan pengelolaan pengaduan masyarakat. Dengan tujuan tersebut, Workshop PKIMR 2023 mengangkat beberapa topik pembahasan antara lain:

  1. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Ditjen SDA oleh Pelaksana Urusan Pengaduan Masyarakat, Subdirektorat PKIMR;
  2. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Inspektorat Jenderal oleh 
    Inspektorat I, Inspektorat Jenderal;
  3. Pengelolaan/Pengurusan Piutang Negara oleh DJKN Wilayah Bali Nusra;
  4. Overview dan Reviu PIPK oleh Inspektorat V, Inspektorat Jenderal; dan
  5. Penyelenggaran Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan (PIPK) yang Efektif guna Mendukung Akuntabilitas Laporan Keuangan Kementerian PUPR oleh Biro Keuangan, Sekretariat Jenderal.

Antusiasme peserta dapat dilihat dengan jelas dari kehadiran peserta yang melebihi sasaran. Direktorat Kepatuhan Intern sangat mengapresiasi antusiasme peserta dan berhadap dengan adanya Workshop PKIMR 2023 dapat menjadi sarana bagi UKI balai untuk saling bertukar pemahaman dan pengalaman khususnya dalam mengelola pengaduan masyarakat di Balainya masing-masing. Tentunya, dapat menjadi pengetahuan baru dalam melakukan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan (PIPK) yang efektif.