Kegiatan Pembinaan Penerapan Manajemen Resiko dan Monitoring Evaluasi Efektifitas Penerapan SOP di Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam

Kategori : Lain-Lain

27 July 2022, 04:38:30
img-blur-shadow
Caption : a

Batam - Direktorat Kepatuhan Intern, Ditjen Sumber Daya Air, melalui Subdirektorat Pembinaan dan Pengembangan Kepatuhan Intern dan Manjemen Resiko, melaksanakan kegiatan Pembinaan Penerapan Manajemen Resiko dan Monitoring Evaluasi Efektifitas Penerapan SOP di Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Kepatuhan Intern, Ir. Lilik R C, Kasubdit Pembinaan dan Pengembangan Kepatuhan Intern dan Manajemen Resiko, M. Tahid, ST. MPPM, Kepala BWS Sumatera IV, Ir. Tuti Sutiarsih, MT, Eselon IV BWS Sumatera IV, Kepala Satuan kerja dan PPK di Lingkungan BWS Sumatera IV.

Didalam kegiatan tersebut Direktur Lilik, menyampaikan pentingnya Kepatuhan Intern dan Manajemen risiko sebagai sarana untuk memitigasi segala kemungkinan yang akan menghambat didalam pembangunan sumberdaya manusia maupun infrastruktur ke-PU-an terutama dibidang sumber daya air.

"Adapun manfaat dari Kepatuhan Internal adalah Memperkecil potensi pengaduan masyarakat, Memperkecil potensi temuan, Menghindari infrastruktur yang terbangun tidak termanfaatkan secara penuh dan meningkatkan kepuasan masyarakat, Meningkatkan integritas pegawai dan zona integritas organisasi " kata Direktur Lilik

Direktur Lilik menambahkan tentang Road Map Manajemen Risiko Ditjen SDA sampai tahun 2024. " Untuk mencapai target Terkelola pada tahun 2024 dengan nilai 76, perlu adanya langkah-langkah yang diambil, seperti pada tahun 2022 ini yaitu, penyesuaian kerangka kerja Ditjen SDA, pemanfaatan Sistem informasi, perluasan kompetensi, reward terhadap MR, " tambah Direktur Lilik

Senada dengan hal tersebut, Kasubdit M. Tahid mengemukakan “ Internalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman didalam pengisian bentuk-bentuk risiko yang akan terjadi didalam pembangunan infrastruktur sumber daya air “.

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap Manajemen Risiko, Tim Direktorat Kepatuhan Intern dan Tim BWS Sumatera IV melakukan survey ke Bendungan Sei. Gong yang berada di Kota Batam. “ Bendungan ini proyek strategis nasional di masa pemerintahan Jokowi, Bendungan Sei Gong ini menjadi bendungan ke-16 yang prosesnya sudah pada tahap pengairan, namun masih terdapat beberapa permasalahan seperti Operasi dan Pemeliharaan yang belum dilaksanakan, dan serah terima kelola dengan pemerintah Kota ataupun BP Batam terkait ”. Kata Kasubdit M. Tahid.